Kanker Serviks Gejala Awal

3 Kasus Kanker Serviks Gejala Awal yang Mungkin Bisa Terasa Pada Saat Kondisi Kanker Anda Dalam Stadium Awal


Kanker Serviks Gejala Awal
Sebelumnya kita telah membahas gejala umum kanker serviks yang dialami penderita kanker serviks stadium awal maupun lanjut. Nah kalo yang sekarang kita fokuskan pada kanker serviks gejala awal yang sering dialami penderita stadium awal.

Pada awal-awal proses terjadinya kanker, penderita mungkin tidak akan merasakan apapun hal-hal yang aneh. Sebab semuanya dirasa normal-normal saja. Sehingga sulit sekali dalam mengenali kanker serviks yang masih dalam periode awal. Yang paling ampuh dalam mengenali keberadaannya, menurut kami dan dokter-dokter kandungan lainnya adalah dengan deteksi dini atau yang biasa disebut deteksi Pap smear.

Yuk kita biasakan melakukan pemeriksaan rutin setidaknya setiap 2 tahun sekali untuk pencegahan kanker serviks ini. Diharapkan setelah pemeriksaan tubuh kita bisa menjadi lebih sehat dan kuat lagi.

Oke deh untuk beberapa kanker serviks gejala awal yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut:

3 Macam Kanker Serviks Gejala Awal

  • Keputihan Abnormal
Tahu nggak keputihan abnormal yang kami maksud di sini? Keputihan abnormal yang kami maksud disini adalah keputihan yang berlebihan dan sering diikuti oleh adanya darah. Ada juga penderita yang mengeluhkan gejala kanker rahim, karena mereka mengalami keputihan yang berbau tak sedap, tebal dan sangat berlendir. Jika anda mengalami keputihan seperti ini, tolong segera periksakan diri ke dokter kandungan terdekat.

  • Menstruasi Abnormal
Wanita yang memiliki kanker rahim biasanya akan mengalami menstruasi yang berlebihan. Darah yang keluar akan diperparah oleh keberadaan kanker ini. Dalam sebulan bisa jadi pendarahan ini sulit anda kontrol.

  • Nyeri Panggul
Eit, nyeri panggul disini bukan nyeri panggul saat menstruasi, karena nyeri panggul seperti ini dikatakan normal. Nah kalo nyeri panggulnya terjadi diluar saat anda sedang mens dan terjadi selama berjam-jam, itu yang baru anda perlu waspadai. Rasa sakit ini bisa berupa nyeri yang ringan, tajam atau bahkan sangat parah.

Gimana, apakah salah satu dari ketiga kanker serviks gejala awal ini anda pernah mengalaminya? Jika tidak berarti diharapkan kondisi leher rahim (serviks) anda baik-baik saja. Tapi jika ya, itu tandanya anda harus segera memeriksanya di dokter kandungan kepercayaan anda. Jangan takut oke....

Lihat juga: