PELEMBAB WAJAH

Mau Memilih Pelembab Wajah Yang Cocok Dengan Wajah Kita Kok Bingung Sih, Gak Usah Bingung Lah

Memilih Pelembab Wajah Yang Cocok Dengan Wajah Kita
Pelembab Wajah

Pelembab wajah punya manfaat yg sangat besar terhadap wajah. Pelembab wajah bisa membantu wajah untuk menjaga kadar air & membuat wajah tetap lentur. Pelembab wajah juga menjaga wajah dari bahaya dehidrasi.

Fungsi pelembab wajah

Peran pelembab wajah sebagai salah satu cara untuk menjaga kondisi wajah agar senantiasa sehat & terawat sangatlah tepat karena sesuai dengan fungsinya. Pelembab wajah dibuat memang untuk membantu mencegah terjadinya dehidrasi pada wajah. Bentuk pelembab wajah itu sendiri memang bermacam-macam, dari bentuk dasarnya sebagai krim, ada yg krim ringan smpai krim yg sangat kental, semua tergantung dari kandungan minyak & gliserinnya.

Jenis wajah yg berbeda akan membutuhkan pelembab wajah yg berbeda pula. Hal ini disebabkan karena masing-masing jenis wajah memiliki kebutuhan yg berbeda. Untuk memilih pelembab wajah yg sesuai dengan jenis wajah kita sebaiknya kita simak trik berikut ini.

Berikut panduan untuk memilih pelembab wajah yg sesuai dengan jenis wajah:

Pelembab wajah untuk wajah sensitif

Jika wajah disertai rasa panas & bercak kemerahan, itu adalah salah satu tanda dari reaksi alergi yg timbul. Hal ini biasanya terjadi pada wajah jenis sensitif (peka). wajah jenis ini alergi terhadap hampir semua bahan yg terdapat pada pelembab wajah. Misalnya, bahan pewangi, pewarna, pengawet, & sebagainya. Karena itu, gunakan pelembab wajah khusus untuk wajah sensitif.
Pelembab wajah untuk wajah berjerawat

Pelembab wajah untuk wajah berjerawat

Jika kita menggunakan pelembab wajah & tiba-tiba timbul jerawat, kemungkinan besar pelembab wajah itu terlalu berat untuk jenis wajah kita. Gantilah dengan pelembab wajah yg teksturnya lebih ringan. Misalnya, pelembab wajah dalam bentuk cream / dalam bentuk lotion maupun gel. Cermati pula label pelembab wajah. Jika tertulis water based, pelembab wajah tersebut menggunakan air sebagai bahan dasarnya & bukan minyak. Itu artinya sesuai dengan wajah berjerawat. Kalau tertulis non comedogenic, produk tersebut berguna untuk menutupi pori-pori yg terlalu besar.



Pelembab wajah untuk wajah yg terlihat mengkilap

Pelembab wajah untuk wajah yang terlihat mengkilap
wajah yg mengkilap adalah ciri dari jenis wajah berminyak. Jika kita memiliki wajah berminyak & tinggal di daerah beriklim panas, tidak perlu menggunakan pelembab wajah. Sebab, kelenjar minyak yg kita miliki sudah cukup menjaga kelembaban & kelenturan wajah. Tapi jika kita tinggal di daerah dingin / sering berada di ruangan ber-AC, kemungkinan wajah akan terlihat kering di beberapa bagian. Misalnya di bagian hidung, bagian bawah dagu, & seputar garis rambut. Kita bisa menggunakan pelembab wajah hanya pada bagian yg terasa kering. Gunakan pelembab wajah tanpa minyak (oil free).
Pelembab wajah untuk wajah kering


Pelembab wajah untuk wajah kering

Jika wajah kering bahkan terasa perih & ketat, kemungkinan besar pelembab wajah yg digunakan tidak cukup memberikan kadar air. Ganti dengan pelembab wajah yg teksturnya lebih berat seperti krim. Jika masih terasa kering, pada malam hari gunakan juga pelembab wajah dalam bentuk serum. Jika berada di daerah panas, gunakan pelembab wajah lotion dalam frekuensi yg lebih sering.

Cermati kekeringan wajah kita. Jika kekeringan tsb tidak hilang dengan pelembab wajah biasa, malahan disertainya mengelupasnya wajah yg menyerupai sisik & warna kemerahan, kemungkinan tersebut adalah sejenis penyakit wajah yg disebut dengan psoriasis. Hal ini tidak bisa diatasi dengan pelembab wajah biasa, malahan pelembab wajah biasa akan membuat kondisi semakin parah. Konsultasikan ke dokter untuk mengatasinya.

Take it from: princiliabeauty.com
Lihat juga: