Wajah

Apa Sih Sebenarnya Wajah itu? Kok Terdengar Sudah Tidak Asing Lagi Ya Di Telinga Kita

Wajah
Wajah:

Wajah / muka adalah bagian terdepan dari kepala, pada manusia yg meliputi wilayah dari dahi hingga dagu, termasuk rambut, dahi, alis, mata, hidung, pipi, mulut, bibir, gigi, kulit, & dagu. Wajah khususnya digunakan untuk ekspresi wajah, penampilan, serta identitas. Tidak ada satu wajah pun yg serupa mutlak, bahkan pada manusia kembar identik sekalipun.

Ekspresi Wajah

Ekspresi wajah / mimik adalah hasil dari satu / lebih gerakan / posisi otot pada wajah. Ekspresi wajah merupakan salah satu bentuk komunikasi nonverbal & bisa menyampaikan keadaan emosi dari seseorang kepada orang yg mengamatinya.

Ekspresi wajah merupakan salah satu cara penting dalam menyampaikan pesan sosial dalam kehidupan manusia, namun juga terjadi pada mamalia lain & beberapa spesies hewan lainnya.

Ekspresi Wajah
Manusia bisa mengalami ekspresi wajah tertentu secara sengaja, tapi umumnya ekspresi wajah dialami secara tidak sengaja akibat perasaan / emosi manusia tersebut. Biasanya amat sulit untuk menyembunyikan perasaan / emosi tertentu dari wajah, walaupun banyak orang yg merasa amat ingin melakukannya.

Misalnya, orang yg mencoba menyembunyikan perasaan bencinya terhadap seseorang, pada saat tertentu tanpa sengaja akan menunjukkan perasaannya tersebut di wajahnya, walaupun ia berusaha menunjukkan ekspresi netral.

Hubungan perasaan & ekspresi wajah juga bisa berjalan sebaliknya, pengamatan menunjukkan bahwa melakukan ekspresi wajah tertentu dengan sengaja (misalnya: tersenyum), bisa memengaruhi / menyebabkan perasaan terkait benar-benar terjadi.

Sebagian ekspresi wajah bisa diketahui maksudnya dengan mudah, bahkan oleh anggota spesies yg berbeda, misalnya kemarahan & kepuasan. Namun, beberapa ekspresi lainnya sulit diartikan, misalnya ketakutan & kejijikan kadang sulit dibedakan.

Selain itu, kadang-kadang suatu wajah bisa disalahartikan mengalami emosi tertentu, sebab susunan otot-otot wajah orang tersebut secara alami menyerupai wajah seseorang yg mengalami ekspresi tertentu, misalnya wajah seseorang yg tampak selalu tersenyum.

Take it from: id.wikipedia.org
Lihat juga: