MASKER WAJAH ALAMI

Bagaimana sih Memilih Bahan Masker Wajah Alami untuk Wajah Kita? Biar Terlihat Cerah Wajah Kita Ini

MASKER WAJAH ALAMI
Masker Wajah Alami:

Wajah kita merupakan aset penting bagi kaum cewe (untuk kaum cowo sih gak penting-penting amat kan? Hehehee...). Makanya wajah kita harus selalu tetap terjaga & dirawat kecantikannya.

Perawatan yg salah terhadap wajah kita bisa menimbulkan bahaya yg berkepanjangan terhadap kulit wajah. Oleh sebab itu pakai lah yg berbahan dasar alami! Dan pemilihan bahan alami untuk merawat kulit wajah yg asal-asalan yg tidak sesuai dengan kondisi & keadaan wajah akan mengakibatkan kerusakan pada kulit wajah. Seperi pemilihan masker wajah alami, kita harus menyesuaikannya dengan kebutuhan kulit wajah.

Masker wajah alami biasa dikenal sebagai alat untuk membantu membuat wajah terlihat lebih ‘cling’ tentunya yg berasal dari alam. Selain memperkecil pori-pori kita yg besar, masker wajah alami juga bertujuan mengurangi timbunan minyak sekaligus membuat wajah lembab & halus. Sudah banyak tipe-tipe masker wajah alami yg dijual bebas. Namun, jangan asal beli sebab beda masker wajah alami, beda kegunaannya pula.

Beberapa manfaat masker wajah alami:
  • Masker wajah alami bermanfaat untuk melembutkan kulit wajah 
  • Masker wajah alami bekerja membersihkan pori-pori kulit wajah yg tersumbat sebab kotoran, sisa kosmetik & debu yg tidak bisa dihilangkan dengan pembersih biasa. 
  • Masker wajah alami bisa membuat kelembaban & kulit wajah menjadi halus 
  • Masker wajah alami juga menyegarkan wajah sebab masker wajah alami membuat merilekskan otot-otot wajah.

Perlu dipastikan bahwa masker wajah alami yg digunakan sesuai & cocok untuk jenis kulit wajah kita. Setelah memastikan jenis kulit wajah & permasalahannya, pilihlah jenis masker wajah alami yg tepat. Berikut kami berikan panduannya:
Masker wajah alami untuk Kulit Kering

Masker wajah alami untuk Kulit Kering

Yg perlu dicari: masker wajah alami / kimia yg memiliki formula bahan dengan kemampuan menahan kelembaban air pada kulit, seperti hyaluronic acid & gliserin. Produk dengan kandungan vitamin E & minyak zaitun juga bisa membantu menjaga kelembaban pada kulit. Umumnya, masker wajah alami / kimia untuk kulit kering tak memiliki iritan sehingga bisa digunakan cukup sering, misalnya seminggu sekali. Aplikasikan masker wajah alami / kimia ini di seluruh bagian wajah, termasuk daerah mata & sekitar bibir, jangan lupakan daerah leher.

Masker wajah alami untuk Kulit yg mulai terlihat garis-garis halus

Untuk wajah dengan garis-garis halus diperlukan formula bahan masker wajah alami maupun kimia yg memiliki kandungan retinol, glycolic acid / peptida yg membantu mengatasi kulit dengan garis halus. Tak ada masker wajah alami maupun kimia yg bisa benar-benar menghapus keberadaan keriput, namun zat-zat tadi bisa membuat kulit terlihat lebih kenyal sementara & membuatnya lebih mulus. Namun, glycolic acid bisa mengiritasi kulit, jadi jangan gunakan terlalu sering, beri jeda setidaknya 2 minggu antarpemakaian. Hindari pemakaian dekat area mata & mulut. Aplikasikan di daerah lain pada wajah, juga di daerah lain yg rentan terekspos sinar matahari, seperti bagian atas (punggung) telapak tangan & leher.
Masker wajah alami untuk Kulit yang rentan berjerawat

Masker wajah alami untuk Kulit yg rentan berjerawat

Sebab kulit yg rentan berjerawat merupakan kulit yg teriritasi / meradang, maka diperlukan masker wajah alami / kimia yg tak memiliki efek inflamatori, seperti salicylic acid (yg membantu mengelupas kulit & membersihkan pori-pori), juga formula dengan kandungan benzoyl peroxide, plus sulfur untuk membantu membunuh bakteri. Untuk mengurangi efek mengeringkan, gunakan setidaknya seminggu sekali, fokuskan penggunaan di daerah wajah yg cenderung berjerawat, seperti daerah T, tetapi hindari lah daerah mata & mulut.





Masker wajah alami untuk Kulit sensitif

Kulit wajah yg amat putih, seringkali memiliki tingkat sensitivitas lebih tinggi, sehingga cenderung memerah. Pilih masker wajah alami yg memiliki kandungan aloe vera, chamomile, mentimun, maple & teh hijau yg bisa mengurangi kemerahan & peradangan sementara. Sementara Formula kimia seperti sulfur, licorice & xanthine bisa membantu menghilangkan penampakan garis-garis kapiler darah di wajah. Mulai dengan mengaplikasikan seminggu sekali. Jika menunjukkan perubahan & tak ada alergi, bisa ditingkatkan dengan penggunaan seminggu dua kali. Masker wajah alami semacam ini cukup aman digunakan di seluruh bagian wajah. Untuk menghapus masker wajah alami ini, cukup gunakan jari, jangan gunakan kain / handuk, supaya tidak membuat kulit teriritasi.
Strowberry


Salah satu cara untuk memperoleh kecantikan wajah adalah dengan menggunakan masker wajah alami, yg terbuat dari berbagai jenis buah-buahan, maupun buatan. Banyak sekali jenis buah yg bisa digunakan untuk membuat masker wajah alami, beberapa di antaranya yg mudah ditemui di supermarket adalah avokad, stroberi, almond, lemon & anggur.
  1. Masker wajah alami dari strowberry
    Buah ini banyak mengandung asam salisilat, yg merupakan salah satu jenis asam beta-hidkroksi yg membantu mengencangkan kulit, silica, serta vitamin B, C, E & K. 
  2. Masker wajah alami dari Alpukat
    Alpukat kaya akan asam amino & vitamin sehingga cocok digunakan sebagai masker pencegah penuaan dini pada kulit wajah. 
  3. Masker wajah alami dari Anggur
    Kaya akan trace mineral, kalsium, magnesium, potassium, Vitamin Bl, B2, B3, B5, B6, C & senyawa-senyawa flavonoid. Hampir semua jenis anggur yg warnanya berbeda, bisa digunakan untuk lotion. Perlu diperhatikan bahwa jus anggur yg telah dibuat harus disaring terlebih dulu. 
  4. Masker wajah alami dari Lemon
    Mengandung vitamin n A, C, B 1, B2 & B3. Sangat baik untuk kulit berminyak, namun lotion-nya juga bekerja efektif pada kulit normal. Bisa digunakan setiap hari. 
  5. Masker wajah alami dari Pepaya
    Untuk menghilangkan jerawat; ambil 2-3 lembar daun pepaya tua, jemur sebentar lalu tumbuk halus. Tambahkan satu setengah sendok air, gunakan sebagai bedak pada wajah yg terkena jerawat. 
  6. Masker wajah alami dari Tomat
    Mengandung protein, fosfor, besi, belerang, vitamin A, B 1 & C. Untuk menghaluskan wajah, ambil tomat yg sudah matang, lalu iris & gosokkan pada wajah. 
  7. Masker wajah alami dari Pisang
    Mengandung serotinin, pektin, tanin, noradrenaline, hidroksi tritamin, dopamin & berbagai vitamin, seperti vitamin A, B kompleks & C. Sebagai pelembab kulit wajah. 
  8. Masker wajah alami dari Jeruk nipis
    Mengandung unsur-unsur senyawa kimia antara lain limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, sitral & asam sitrat berguna untuk mencegah keriput.
Lihat Juga: