Cara Mengobati Gagal Ginjal

Berikut Ini Adalah Pilihan Terakhir Dalam Cara Mengobati Gagal Ginjal Tingkat Kronis Dan Akut


Cara Mengobati Gagal Ginjal
Manusia memiliki sepasang ginjal yg letaknya berada di belakang perut (abdomen). Ginjal ini terletak di kanan dan kiri tulang belakang, dan juga di bawah hati dan limpa. Di bagian atas ginjal terdapat kelenjar adrenal.

Ginjal adalah salah satu organ dalam sistem kemih (ekskresi) yg terletak di rongga retroperitoneal bagian atas. Bentuk ginjal menyerupai kacang dengan sisi cekungnya menghadap ke medial (bagian ginjal sebagai pintu masuk dan keluar). Ginjal kanan biasanya terletak sedikit di bawah ginjal kiri untuk memberi tempat bagi hati.

Umumnya, seseorang dapat hidup normal dengan hanya satu ginjal. Tapi bila kedua ginjal tidak berfungsi normal, maka dia perlu diberi Terapi Pengganti Ginjal sebagai cara mengobati gagal ginjal terakhir. Cara mengobati gagal ginjal ini dapat dilakukan baik untuk sementara waktu maupun terus-menerus.

Cara mengobati gagal ginjal terdiri atas tiga cara


  • Hemodialisis (Cuci Darah)
Prinsip dasar dari Hemodialisis adalah dengan membersihkan darah dengan menggunakan ginjal buatan di luar tubuh.

  • Peritoneal Dialisis (Cuci Rongga Perut)
Sedangkan Peritoneal dialisis menggunakan Selaput rongga perut (peritoneum) sebagai saringan antara darah dan cairan Dianial.

  • Transplantasi Ginjal (Cangkok Ginjal)

Transplantasi ginjal adalah salah satu cara mengobati gagal ginjal yg melibatkan pencangkokan ginjal dari orang hidup atau yg telah mati kepada orang yg membutuhkan. Oleh karena itu, Transplantasi ginjal dapat dilakukan secara "cadaveric" (dari seseorang yg telah meninggal) atau dari donor yg masih hidup (biasanya anggota keluarga). Ada beberapa keuntungan untuk transplantasi dari donor yg masih hidup, seperti:
  1. Memiliki kecocokan yg lebih bagus
  2. Donor dapat dites secara menyeluruh sebelum transplantasi ginjal
  3. Ginjal tersebut cenderung memiliki jangka hidup yg lebih panjang.

Transplantasi ginjal menjadi pilihan untuk meningkatkan kualitas hidup si pasien. Transplantasi ginjal menjadi terapi cara mengobati gagal ginjal pilihan terakhir, baik yg gagal ginjal kronis maupun yg sudah akut dan/atau penyakit ginjal stadium akhir. Berarti orang yg belum menderita penyakit ginjal yg parah, tidak boleh memilih cara ini.

Perlu anda ketahui bahwa dalam cangkok ginjal, Ginjal transplan biasanya tidak ditempatkan di tempat asli ginjal yg sudah rusak. Ginjal donor biasanya ditempatkan lebih rendah daripada lokasi anatomisnya yg normal.

Terdapat sejumlah gejala-gejala negatif setelah dilakukannya cangkok ginjal, seperti:
  1. Rejeksi (penolakan),
  2. Ketidakseimbangan elektrolit,
  3. Gangguan proliferasi limfa pasca-transplantasi,
  4. Infeksi, dan
  5. Sepsis.

Oleh karena itu proses cangkok ginjal harus dilakukan oleh dokter yg benar-benar ahli dengan rumah sakit yg terpercaya dan teknologi kedokteran yg terbaru. Sehingga gejala-gejala seperti ini bisa ditekan seminimal mungkin.

Setelah itu, anda perlu melakukan diet makanan dan minuman yg diperintahkan oleh si dokter.

Oke cukup ini saja informasi tentang berbagai pilihan cara mengobati gagal ginjal tingkat akhir dari kami, semoga bisa bermanfaat yoo...

Lihat juga: