Kanker Serviks Adalah

Kanker Serviks Adalah Penyakit Pembunuh Nomor 2 Atau Mungkin Nomor 1 Pada Waum Wanita Didunia


Kanker Serviks Adalah
Kanker serviks adalah sebuah kanker yang menyerang organ leher rahim kaum wanita, yang disebabkan oleh sejenis virus berbahaya yang bernama human papilloma virus (HPV) onkogenik. Kanker ini bisa menyebakan seorang wanita menjadi tidak dapat mengandung bayi lagi.

Gejala kanker serviks susah sekali diketahui jika kankernya masih memasuki stadium awal atau tengah, nah ketika kanker serviks mereka memasuki stadium akhir baru deh bisa terlihat gejala yang ditimbulkan. Tapi pada setiap wanita memiliki tanda-tanda yang berbeda-beda. Jadi harap waspada yaa...

Ada banyak sekali penyebab kanker serviks, tetapi yang perlu kita ketahui ada beberapa saja. Kebanyakan sih disebabkan karena prilaku tidak higienis dan karena prilaku seks yang menyimpang. So, jadi wanita harus harus selalu menjaga kebersihan dirinya, terutama daerah kelaminnya. Dan jangan coba-coba berhubungan badan yang menyimpang dari agama.

Di negara-negara maju kasus kanker serviks sudah berkurang dengan baik, sedangkan sebaliknya untuk negara-negara berkembang kasus ini malah semakin meningkat tinggi. Lalu Apa yang membedakan diantara keduanya?

Yang membedakannya adalah di negara-negara maju program yang biasa disebut Pap Smear (deteksi dini terhadap kanker serviks) sudah terlaksana dengan efektif dan optimal. Program deteksi Pap smear adalah program pemeriksaan terhadap kondisi rahim seorang wanita setidaknya setiap 2 tahun sekali.

Penyebab Kanker Serviks


Penyebab kanker serviks adalah disebabkan oleh berkembangbiaknya human papilloma virus (HPV) onkogenik di dalam dan sekitar organ leher rahim seorang wanita. "Wah berarti para pria terbebas dong?" "Ya pastilah, namanya juga kanker serviks atau bahasa indonesianya kanker leher rahim, mana ada pria yang memiliki rahim".

Di sini kita akan membedakan penyebab kanker serviks adalah menjadi dua bagian besar, yaitu: faktor dalam dan faktor luar.

Faktor Dalam

Faktor inilah yang sulit untuk kita hindari, yaitu faktor U (umur). Kanker serviks sering sekali terjadi pada wanita yang berumur diatas 40 tahun. Semakin berumur seorang wanita, maka akan semakin rentanlah dirinya terkena penyakit ini. Nah itulah mengapa penyebab yang satu ini saya sebut sulit untuk kita hindari. Tentu kita tidak bisa mencegah terjadinya proses penuaan bukan.

Tapi di zaman sekarang ini, kanker serviks sudah tidak lagi hanya menyerang kaum tua, wanita yang masih muda juga bisa terkena kanker ini. Coba deh anda lihat di sinetron atau film-film, ada banyak kejadian wanita muda tidak bisa mengandung atau melahirkan bayinya dan mengalami keguguran dikarenakan kanker serviks.

Faktor Luar

Nah kalo faktor-faktor ini bisa kita hindari. Lalu apa sajakah itu? Yuk kita baca satu persatu.
  • Penyakit Menular Seksual (PMS).
Merupakan penyakit-penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak sehat. PMS yang sering kali menjadi penyebab kanker serviks adalah HIV-AIDS, penyakit HPV lain, sifilis, gonore, herpes simpleks, dan kutil kelamin.

  • Keputihan Abnormal.
Jangan anda biarkan terus menerus keputihan abnormal ini tanpa diobati. APakah anda tahu keputihan abnormal itu? Keputihan abnormal itu adalah keputihan yang tidak normal. Sedangkan keputihan normal memiliki ciri-ciri yaitu: lendir berwarna bening, tidak berbau dan tidak gatal. Jadi bila salah satu dari ketiga indikasi ini tidak terpenuhi, maka keputihan anda dikatakan tidak normal. Mudah kan...

  • Pembalut berbahaya.
Yang dinamakan pembalut berbahaya adalah pembalut yang mengandung bahan dioksin dalam bahan pembalut tersebut. Dioksin merupakan bahan pemutih kertas. Bahan ini digunakan untuk mendaur ulang kertas yang tidak terpakai untuk dipakai kembali. Pemakaian yang terus menerus terhadap pembalut ini bisa membuat alat kelamin anda teriritasi tanpa anda sadari.

  • Kebersihan kelamin.
Sebaiknya anda lihat dulu kebersihan toilet tempat anda ingin membuang air besar atau kecil. Jika terlihat kotor dan tidak terawat, sebaiknya anda hindari dan cari yang lain. Karena air di toilet yang tidak bersih banyak dihuni oleh kuman-kuman penyebab penyakit.

  • Berhubungan seksual di usia yang terlalu muda.
Faktor ini dikarenakan alat kelamin anda belum siap untuk hal ini di umur yang terlalu muda. Jika dipaksakan, boleh jadi nikmat oleh anda tetapi sel-sel kelamin anda merasa terganggu. Dan kemudian bisa jadi salah satu sel kelamin anda menjadi tak terkontrol pertumbuhannya, dan jadilah tumor atau kanker serviks.

  • Memiliki lebih dari satu pasangan seksual.
Di aturan agama saja tidak boleh. Ini berarti ada banyak hal-hal negatif yang akan terjadi jika anda melakukannya. Bukan hanya kondisi kesehatan diri anda yang terganggu, tapi kondisi sosial anda juga akan rusak.

Mudah-mudahan informasi yang kami berikan ini bermanfaat untuk anda sekalian, see you again...

Lihat juga: