Penyakit Batu Ginjal

Penyakit Batu Ginjal


Penyakit Batu Ginjal
Penyakit batu ginjal ditandai dengan munculnya batu ginjal didalam sistem ekskresi manusia, seperti ginjal, saluran kemih dan kandung kemih. Kasus penyakit ini cukup banyak terjadi baik di kalangan pria maupun wanita. Tapi perlu anda ketahui bahwa kebanyakan penderitanya adalah kaum pria.

Batu ginjal terjadi lebih disebabkan karena faktor makanan dan prilaku mengkonsumsinya. Nah di sinilah kita akan membahas secara lengkap berbagai penyebab terjadinya penyakit batu ginjal dan juga macam-macam gejalanya yang terjadi. Silahkan membaca.

Penyebab Penyakit Batu Ginjal


  • Makanan berkalsium tinggi
Inilah penyebab penyakit batu ginjal yang pertama dan yang paling berpengaruh. Kandungan kalsiumnya yang tinggi ini bisa meningkatkan kemungkinan untuk timbulnya batu ginjal. Makanannya seperti: daging, ikan atau sea food dan jeroan.

  • Makanan kaya akan zat oksalat
Penyebab penyakit batu ginjal ke-dua adalah segala jenis makanan beroksalat tinggi. Jenis makanan ini seperti coklat, kacang-kacangan, merica, dan sayur bayam

  • Makanan asin
Makanan yang diberi garam cukup banyak, itu artinya makanan ini kaya akan kandungan kalsiumnya. So, kalo ingin membuat makanan jangan asin-asin yaa.

  • Minuman beroksalat tinggi
Minuman beroksalat yang dimaksud di sini seperti teh, kopi, minuman coklat, dan berbagai macam softdrink. Contohnya teh, minuman ini banyak mengandung zat mineral yang cukup tinggi. Jika penggunaan tidak berlebihan minuman ini akan sangat menyehatkan, tapi bila berlebihan hal ini bisa mengakibatkan penimbunan zat mineral dari teh tersebut.

  • Kondisi dehidrasi
Ketika kita selalu dalam keadaan dehidrasi bisa jadi ini akan menjadi salah satu penyebab penyakit batu ginjal. Keadaan dehidrasi membuat tubuhmu bereaksi untuk menahan sebanyak mungkin cairan dan elektrolit dalam tubuh. Ini mengakibatkan ginjal berusaha keras agar urin yang dihasilkan bisa sedikit mungkin dan dalam keadaan lebih pekat. Nah inilah yang akan mempermudah terjadinya proses pembentukan batu ginjal.

  • Pengaruh penyakit lain
Ada beberapa penyakit yang bisa mempengaruhi timbulnya batu ginjal, seperti: hyperoxaluria, cystinuria dan renal tubular acidosis. Penyakit diabetes melitus juga termasuk kedalam penyakit ini, itu artinya kondisi ginjalmu sedang sangat menurun. Sehingga rentan sekali terkena penyakit batu ginjal.

  • Mengkonsumsi suplemen berlebihan
Konsumsi suplemen yang rutin setiap hari besar kemungkinannya terkena penyakit ini, terutama suplemen vitamin C. Suplemen ini kan buatan manusia bukan alami, sehingga ginjal kita butuh kerja keras untuk menyaringnya. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi pengkonsumsi suplemen untuk mengimbanginya dengan kebutuhan air putih minimal 2 liter setiap hari.

  • Konsumsi obat-obatan
Memakan obat-obatan yang berlebihan, apalagi tanpa bimbingan dari dokter akan membuat pekerjaan ginjalnya semakin berat. Bisa jadi sisa-sisa obat yang tersaring oleh ginjal dan akan dikeluarkan lewat saluran kencing, mulai mengendap dan mengkristal membentuk batu. Hingga akhirnya terbentuklah batu ginjal.

  • Keturunan
Dan penyebab penyakit batu ginjal yang terakhir adalah karena faktor keturunan. Walaupun faktor keturunan bukan menjadi penyebab yang penting, tapi seseorang yang di salah satu keluarganya ada yang pernah atau sedang mengalami penyakit ini. Dia akan lebih mudah terkena hal serupa dibandingkan dengan orang lain yang tidak memiliki faktor keturunan. Ini dikarenakan mungkin kondisi organ ginjalnya sama lemahnya dengan salah satu anggota keluarganya itu.

Gejala Penyakit Batu Ginjal


  • Keluar Darah Saat Kencing
Gejala penyakit batu ginjal yang pertama dan yang paling spesifik adalah adanya darah pada cairan kencing anda. Ini dikarenakan batu ginjal anda sudah melukai saluran kencing anda, sehingga dari lukanya ini keluarlah darah. Biasanya kalo sudah begini, tandanya batu ginjal anda sudah besar dan berbahaya. Jadi anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

  • Sakit Punggung
Nah gejala penyakit batu ginjal yang selanjutnya adalah timbulnya nyeri pada punggung. Biasanya nyeri ini terletak di daerah antara tulang rusuk dan tulang pinggang. Nyeri ini akan berlanjut dan menjalar ke bagian perut, daerah kemaluan dan paha sebelah dalam. Hal ini dikarenakan adanya batu ginjal yang menyumbat ureter, pelvis renalis maupun tubulus renalis. Nyeri ini akan terasa semakin hebat seiring bertambah besarnya ukuran batu ginjalnya.

  • Sakit Perut Bawah
Sakit ini terjadi jika batu ginjalnya sudah ada di dalam kandung kemih dan menyumbat didalamnya. Dengan adanya sumbatan ini, proses pengeluaran air kemih menjadi terganggu dan akan menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit ini terletak pada perut bagian bawah, tempat kandung kemih berada.

  • Perut menggelembung
Anda pasti sudah bisa memprediksi penyebab dari perut yang menggelembung. Ya benar sekali, hal ini dikarenakan air kemih penderita tersumbat oleh batu ginjal, baik di saluran kemih maupun di kandung kemihnya.

  • Sering Buang Air Kecil Dimalam Hari
Kondisi ini adalah salah satu reaksi dari ginjal kita yang sudah tidak optimal lagi dalam menyaring cairan tubuh, sehingga tidak bisa menahan cairan agar tetap berada di dalam tubuh. Atau malah sebaliknya sebagai reaksi penyembuhan sendiri, agar batu ginjalnya ini cepat terurai dengan banyaknya air yang mengalir.

  • Gejala Penyakit Batu Ginjal Tambahan
Gejala penyakit batu ginjal yang terakhir ini mungkin hampir setiap penyakit berat akan timbul. Seperti demam, menggigil, mual-mual, dan sering muntah.

Oke, itu saja deh informasi yang dapat kami berikan untuk anda tentang penyakit batu ginjal. Semoga bermanfaat yoo...

Lihat juga: