Makanan Diet Sehat Dengan Jagung

Apakah Anda Pernah Mengetahu Makanan Diet Sehat Yang Penuh Karbohidrat, Yaitu Jagung


Makanan Diet Sehat
JIka kalian setiap harinya mengonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat atau kalori anda sekarang ini. Sangat disarankan anda bisa memvariasikan sumber karbihidrat anda, salah satunya dengan jagung. Jagung sangat cocok dijadikan makanan diet sehat.

Pada jagung terdapat bahan-bahan yang baik untuk program diet anda. Ada dua jenis jagung yang bisa kamu pergunakan, yaitu jagung manis dan yang tidak manis atau hambar. Nah kalo kalian merasa bosan dengan yang hambar, anda bisa memakan yang jenis manisnya. Kalo bisa sih dalam beberapa bulan selama program diet, anda ganti secara total nasi dengan makanan diet sehat ini.

Makanan Diet Sehat

Jagung selain mengandung banyak karbohidrat, juga kaya akan sumber protein dan selulosa atau serat. Kandungan selulosa dan proteinnya inilah yang bisa mengurangi rasa lapar dan menghambat tubuh menimpan kelebihan kalorinya dalam bentuk lemak. Serat yang dikandungnya selain bisa mengurangi kolesterol, ternyata juga bisa merangsang tubuh untuk membakar lemak-lemak yang menggantung ditubuh kita.

Anda bisa membuat masakan yang lezat dengan jagung. Silahkan saja anda cari resep-resep makanan mengenyangkan dan nikmat rasanya yang sebagian besar bahannya adalah jagung. Berbagai jenis sayuran pun bisa anda kreasikan dengan jagung ini sehingga menjadi makanan diet sehat yang sangat nikmat.

Yang terakhir adalah anda harus bersabar dalam beberapa waktu. Mungkin mengonsumsi makanan diet sehat seperti ini sangat menjengkelkan dan membosankan. Tapi percayalah tubuh langling bisa anda miliki dikemudian hari.

Gimana mudah kan caranya??

Oke, setelah kita tahu makanan diet sehat seperti di atas. Ada baiknya yuk kita mengenal manfaat dan khasiat dari beberapa buah-buahan dan sayur-sayuran sehat di bawah ini. Agar kita bisa lebih tahu tentang seluk beluk makanan yang kita makan sehari-hari. Dan bisa anda gunakan sebagai panduan bagi kondisi kesehatan anda.

Seri Buah Dan Sayur-Mayur

  • Jamblang
Jamblang disebut juga jambu keling dan duwet adalah sejenis pohon buah dari suku jambu-jambuan. Jamblang bersifat sejuk, aromatik, dan bersifat astringen kuat. Biji jamblang biasa digunakan tuk mengobati strikhnina (strychnine), yaitu sejenis penawar racun yg spesifik, dan mengobati penyakit limpa. Hasil penelitian di India menunjukkan bahwa buah jamblang berpotensi sebagai alat kontrasepsi tuk laki-laki. Kemudian, hasil penelitian juga menunjukkan biji, daun, dan pepagan jamblang bisa menurunkan diabetes, yg dipertegas lagi dengan percobaan binatang yg menunjukkan tumbuhan ini mencegah katarak akibat diabetes. Jamblang mengandung minyak atsiri, jambosin, asam organik, triterpenoid, dan resin yg mengandung asam elagat, dan tanin. Praktisi Ayurweda menunjukkan bahwa daging buah menurunkan darah selama 30 menit, bijinya menurunkan gula darah dalam waktu 24 jam, dan hasil maksimum pencapaian efek hipoglikemik dalam waktu 10 hari.

Beberapa bagian tumbuhan juga dipergunakan sebagai bahan obat, tradisional maupun modern. Kulit batang, daun, buah dan bijinya acapkali digunakan sebagai obat kencing manis, diare, dan beberapa penyakit lain. Bahkan simplisia dari kulit batang (dikenal sebagai Syzygii cortex) dan biji jamblang (disebut Syzygii semen) dahulu dianjurkan sebagai sediaan apotek yg gak terlalu wajib. Di samping tanin, bahan aktif yg dikandungnya antara lain adalah glukosida yambolin (jamboline). Oleh pengobat tradisional di Amerika Selatan, jamblang bersama ceremai belanda tuk mengurangi kerusakan jantung dan hati penderita kanker yg mendapat kemoterapi doxorubicin (doksorubisin). Jamblang dan Eugenia caryophyllata mengandung senyawa yg bisa mengaktifkan enzim S-transferase di hati. Pada percobaan, enzim tersebut bisa menurunkan kejadian kanker lambung hingga 80%. Sebagian wilayah di Asia Tenggara menggunakan akar jamblang tuk mengobati epilepsi.

  • Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh adalah sejenis pohon kecil yg diperkirakan berasal dari Kepulauan Maluku, dan dikembangbiakkan serta tumbuh bebas di Indonesia, Filipina, Sri Lanka, Myanmar, dan Malaysia. Tumbuhan ini biasa ditanam di pekarangan tuk diambil buahnya. Buahnya yg memiliki rasa asam sering digunakan sebagai bumbu masakan dan campuran ramuan jamu.

Cukup sekian saja sedikit informasi dari artikel kami yang berjudul makanan diet sehat ini. Anda bisa mendapatkan seri buah dan sayur lainnya pada postingan kami yang lain. Terimakasih dan semoga bermanfaat yoo...

Lihat juga: