Tips Makanan Sehat Menghindari Makanan Panas

Inilah Salah Satu Tips Makanan Sehat, Yaitu Dengan Selalu Menghindari Makanan Panas


Tips Makanan Sehat
Mungkin anda baru pertama kali mendengar tips makanan sehat ini, benar kan? Tapi di dunia kesehatan hal ini sudah tidak lagi tabu. Tidak jarang kok dokter-dokter yang menyarankan agar mendinginkan terlebih dahulu makan atau muniman yang akan kita konsumsi.

Hal ini dikarenakan makanan yang panas bisa mengganggu keefektifan kerja sistem pencernaan. Sebagian besar enzim-enzim yang bekerja di pencernaan, termasuk air ludah sebagai cairan pembantu penyerapan karbohidrat, akan mati atau tidak bisa berfungsi sebagaimana mstinya bila makanan atau minumannya dalam keadaan panas.

Selain itu juga makanan panas bisa merusak lapisan-lapisan terluar dari alat-alat pencernaan kita. Ini sangat beresiko bagi kelangsungan penyerapan makanan. Trus harus bagaimana?

Tips Makanan Sehat

Setelah panjang lebar menjelaskan kengerian dari makanan panas, sekarang saatnya kita berikan tips makanan sehat. Tipsnya adalah usahakan untuk menghangatkan terlebih dahulu makanan atau minuman yang hendak kalian konsumsi.

Jika hal ini tidak memungkinkan, seperti meminum kopi atau memakan bubur, sebaiknya konsumsilah sedikit demi sedikit. Dan kalo misalkan kalian sedang memakan nasi goreng, usahakan untuk melebarkan posisi nasinya kemudian makan yang bagian pinggir-pinggirnya terlebih dahulu.

Semoga tips makanan sehat ini selalu kalian praktekkan disetiap kalian mengonsumsi minuman atau makanan. Selamat mempraktekkannya...

Gimana mudah kan caranya??

Oke, setelah kita tahu tips makanan sehat seperti di atas. Ada baiknya yuk kita mengenal manfaat dan khasiat dari beberapa buah-buahan dan sayur-sayuran sehat di bawah ini. Agar kita bisa lebih tahu tentang seluk beluk makanan yang kita makan sehari-hari. Dan bisa anda gunakan sebagai panduan bagi kondisi kesehatan anda.

Seri Buah Dan Sayur-Mayur

  • Cokelat
Cokelat adalah sebutan tuk hasil olahan makanan ato minuman dari biji kakao. Rasa cokelat masih sulit didefinisikan. Dalam bukunya Kaisar Cokelat (Emperors of Chocolate), Joel Glenn Brenner menggambarkan riset terkini tentang rasanya. Menurutnya rasa cokelat tercipta dari campuran 1.200 macam zat, tanpa satu rasa yg jelas-jelas dominan. Sebagian dari zat itu rasanya sangat gak enak kalau berdiri sendiri. Karenanya, sampai kini belum ada rasa cokelat tiruan.

Efek psikologis yg terjadi saat menikmati cokelat dikarenakan titik leleh lemak cokelat ini terletak sedikit di bawah suhu normal tubuh manusia. Sebagai ilustrasi, bila anda memakan sepotong cokelat, lemak dari cokelat tersebut akan lumer di dalam mulut. Lumernya lemak kokoa menimbulkan rasa lembut yg khas dimulut, riset terakhir dari BBC mengindikasikan bahwa lelehnya cokelat di dalam mulut meningkatkan aktivitas otak dan debaran jantung yg lebih kuat daripada aktivitas yg dihasilkan dari ciuman mulut ke mulut, dan juga akan terasa empat kali lebih lama bahkan setelah aktivitas ini berhenti.

Cokelat mengandung alkaloid-alkaloid seperti teobromin, fenetilamina, dan anandamida, yg memiliki efek fisiologis tuk tubuh. Kandungan-kandungan ini banyak dihubungkan dengan tingkat serotonin dalam otak. Menurut ilmuwan, cokelat yg dimakan dalam jumlah normal secara teratur bisa menurunkan tekanan darah. Cokelat hitam akhir-akhir ini banyak mendapatkan promosi karena menguntungkan kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, termasuk kandungan anti oksidannya yg bisa mengurangi radikal bebas dalam tubuh.

Cukup sekian saja sedikit informasi dari artikel kami yang berjudul tips makanan sehat ini. Anda bisa mendapatkan seri buah dan sayur lainnya pada postingan kami yang lain. Terimakasih dan semoga bermanfaat yoo...

Lihat juga: