WAJAH BERJERAWAT

Hai Kawan Yuk Kita Basmi Wajah Berjerawat Bersama-Sama! Hahahaaa Pokoknya Semangat 45

Yuk Membasmi Wajah Berjerawat Bersama-Sama
Wajah Berjerawat:

Wajah berjerawat merupakan kondisi wajah yg meradang akibat serangkaian pemicu. Beberapa faktor pemicu yg menyebabkan timbulnya jerawat adalah:
  • Aktivitas hormon. Hormon memengaruhi produktivitas kelenjar minyak. Jika produktivitas kelenjar minyak ini berlebihan, muncul akan terjadi wajah berjerawat. Karenanya, tidak heran jika wajah berjerawat menjadi bagian kehidupan remaja. Menjelang masa menstruasi, cewe juga sering mendapat wajah berjerawat. Akan tetapi, bukan berarti saat dewasa kita lepas dari wajah berjerawat. Siapa pun & dalam usia berapa pun bisa mendapatkan wajah berjerawat.
  • Pengelupasan kulit mati yg berlebihan akibat dari pemakaian produk kecantikan yg berlebihan.
  • Adanya bakteri dalam pori-pori bernama propionibacterium acnes (P. acnes). P. acnes menyukai kulit mati & minyak yg berlebihan. Lingkungan ini membantu P. acnes berproduksi & membuat kulit merah meradang hingga menyebabkan wajah berjerawat.
  • Wajah yg teriritasi. Akibat tidak cocok dengan produk perawatan, wajah berjerawat bisa muncul.
  • Sensitivitas terhadap makanan / obat tertentu. Meski jarang terjadi, wajah berjerawat bisa menjadi petunjuk kalau kita tidak cocok pada obat / makanan tertentu.

Bentuk-bentuk Jerawat

Jerawat memiliki banyak bentuk, antara lain:
  1. Jerawat biasa (pimples), iritasi kulit memerah yg ada isinya.
  2. Jerawat nasi (cyst) yg mengandung isi yg keras / agak keras.
  3. komedo terbuka (blackheads), jerawat dengan bagian atas berwarna hitam.
  4. komeda tertutup (whiteheads), jerawat kecil berwarna putih karena pori-pori kulit yg terhambat
Jika kita telah mengalami wajah berjerawat, jangan panik. Kita tetap bisa merawat wajah berjerawat kita kok. Coba lakukan tips berikut ini.

Tips Merawat Wajah BerjerawatTips Merawat Wajah Berjerawat

  • Rajin membersihkan wajah berjerawat. Bersihkan wajah berjerawat setidaknya dua kali sehari, yaitu saat kita mandi pagi & pada malam harinya setelah kita usai beraktivitas & hendak berangkat tidur. Gunakan produk yg berbahan dasar air & tidak mengeringkan wajah. Jika dilakukan secara rutin, usaha merawat wajah berjerawat kita akan berhasil.
  • Bunuh bakteria penyebab wajah berjerawat. Gunakanlah produk yg mengandung sulfur / benzoyl peroxide. Benzoyl peroxide tersedia di apotek / toko obat dalam persentase 2,5%, 5%, & 10%. Mulailah dari yg paling kecil, yaitu 2,5%.
  • Lakukan pengelupasan kulit mati dengan produk yg mengandung BHA (Beta Hydroxy Acid). Produk ini tersedia dalam formulasi 1% & 2% Salicylic Acid berbentuk gel / lotion. kita juga dapat menggunakan scrub. Akan tetapi, hati-hati karena produk yg kental bisa menyumbat pori-pori. Alih-alih sehat, usaha merawat wajah berjerawat kita terancam gagal.
  • Perbaiki sel kulit kita dengan produk yg mengandung tretinoin. Demi keamanan kita, konsultasikanlah penggunaannya dengan dokter kulit.
  • Kurangi produksi minyak dengan masker. Untuk merawat wajah berjerawat, maskerlah wajah berjerawat kita seminggu sekali. kita dapat menggunakan masker yg tersedia di toko / membuatnya sendiri.
Untuk merawat wajah berjerawat secara maksimal, lakukan langkah-langkah di atas secara teratur & konsisten. Niscaya jerawat kita akan cepat hilang.

Jika masalah terus berlanjut, hubungilah dokter kulit. kita mungkin membutuhkan perawatan laser, obat antibiotik, / perawatan lainnya yg hanya bisa dilakukan oleh dokter.

Take it from: hidupterbaru.com
Lihat juga: