TATA RIAS WAJAH

Kalo Kita Lagi Mao Buka Usaha Salon Pasti Deh Ingin Tahu Tata Rias Wajah itu Seperti Apa?


Ingin Tahu Tata Rias Wajah itu Apa?
Tata Rias Wajah:

Pengertian Tata Rias Wajah

Tata rias wajah adalah ilmu yg mempelajari tentang seni mempercantik diri dengan cara menyamarkan bagian-bagian wajah yg kurang sempurna dengan warna-warna redup (shade) & menonjolkan bagian-bagian wajah yg sempurna dengan warna-warna terang (tint).

Prinsip-Prinsip Dalam Tata Rias Wajah

Prinsip-prinsip yg harus diperhatikan dalam tata rias wajah menurut Martha Tilaar meliputi adalah kombinasi warna. Kombinasi warna sangat penting & harus diserasikan, antara lain: warna bayangan mata, pemerah pipi & lipstik hendaknya disesuaikan dengan warna mata, rambut, & kulit serta busana yg ingin digunakan. Bagian wajah yg lebar bisa dipersempit dengan warna redup / tua, sedangkan bagian wajah yg sempit bisa diperlebar dengan warna cerah / muda.

Tujuan Tata Rias Wajah

Tata rias wajah merupakan suatu seni yg bertujuan untuk mempercantik wajah dengan menonjolkan bagian-bagian yg sudah indah & menyamarkan / menutupi kekurangan pada wajah. Tata rias juga bertujuan untuk menunjang rasa percaya diri seseorang.

Macam-macam Tata Rias Wajah

    Tata Rias Wajah
  • Tata Rias Wajah Pagi ke Siang
    Tata Rias wajah
    pagi ke siang adalah tata rias wajah yg dipakai pada waktu pagi sampai siang hari. Cahaya matahari akan mempengaruhi kesan dari riasan, sehingga riasan dibuat tipis-tipis & tidak memakai warna yg mencolok sebab bila terkena sinar matahari akan kelihatan berlebihan.

    Seyogyanya warna bibir diberikan warna yg kalem senada dengan warna bibir agar memberikan kesan alami, alis mata hanya disikat & dirapikan dengan pencil alis berwarna cokelat, pemulas pipi dipilih warna lembut & kadang-kadang diserasikan dengan warna busana yg dikenakan.

  • Tata Rias Wajah Sore ke Malam (Pesta)
    Tata Rias wajah
    sore ke malam adalah riasan yg digunakan untuk sore sampai malam hari. Cahaya matahari tidak lagi berperan menerangi alam raya, tetapi digantikan sinar lampu yg tidak sekuat cahaya matahari, sehingga tata rias wajah sore ke malam bisa dibuat lebih tebal dibandingkan dengan rias  wajah pagi ke siang.

    Kosmetik yg dipakai bisa mengandung glitters sehingga terkesan mengkilap, warna lipstik juga dipakai warna yg cerah & tua, terkadang disesuaikan dengan warna kostum yg digunakan, sedangkan alis & mata diperjelas garisnya dengan memakai eye liner sedangkan eye shadow bisa dipergunakan warna-warna yg agak tajam asal sesuai dengan gaun yg dipakai.

    Tata Rias wajah
    pesta adalah riasan yg digunakan untuk pesta, rias wajah pesta ini hampir sama dengan rias wajah sore-malam sebab cahaya matahari tidak berperan lagi & digantikan dengan sinar lampu yg gemerlapan maka riasan pun bisa dibuat lebih terang & lebih mengkilap lagi.

Video Tata Rias Wajah


Kosmetik Yg Digunakan Dalam Tata Rias Wajah

Menurut Martha Tilaar, untuk bisa merias dengan baik harus memiliki seperangkat kosmetik. Berikut ini adalah daftar kosmetik secara umum untuk merias wajah :
  1. Susu Pembersih (Milk Cleanser)
  2. Pembersih Pemulas Mata (Eye Make Up Remover)
  3. Penyegar (Face Tonic/Freshener)
  4. Pelembab (Moisturizer)
  5. Penyamar Noda (Concealer Stick)
  6. Alas Bedak (Foundation)
  7. Bedak Tabur (Loose Powder)
  8. Bedak Padat (Compact Powder)
  9. Krim Alas Pemulas Mata (Eye Cream)
  10. Pemulas Mata (Eye Shadow)
  11. Celak Mata (Eye Liner)
  12. Pensil Alis (Eye Brow)
  13. Pelentik Bulu Mata (Mascara)
  14. Pemulas Pipi (Blush on/Rounge)
  15. Pemerah bibir

Peralatan Yang Digunakan Dalam Tata Rias WajahPeralatan Yg Digunakan Dalam Tata Rias Wajah


Menurut Martha Tilaar, dalam menggunakan kosmetik diperlukan sarana / alat bantu dalam merias. Adapun alat-alat yg diperlukan dalam tata rias wajah & kegunaannya adalah sebagai berikut:
  1. Spon/saput bedak: Untuk membubuh alas bedak, bedak tabur & bedak padat.
  2. Kuas bedak besar: Untuk merapikan bedak tabur sekaligus membuang sisa bedak yg berlebihan.
  3. Sikat alis: Untuk merapikan rambut alis.
  4. Penjepit bulu mata: Untuk melentikan bulu mata agar mata kelihatan lebih indah.
  5. Kuas pemulas mata: Untuk membubuhkan warna eye shadow pada kelopak mata .
  6. Kuas pemulas pipi: Untuk membubuhkan serbuk pemerah pipi ke tulang pipi.
  7. Bulu mata palsu: Untuk membantu bulu mata yg bermasalah, dengan adanya penambahan bulu mata maka mata bisa kelihatan lebih indah & hidup.
  8. Lem bulu mata: Untuk merekatkan bulu mata palsu yg ditempelkan pada garis mata bagian atas.
  9. Kuas bibir: Untuk membubuhkan & membentuk bibir agar terlihat lebih sempurna.

Take it from: sarjanaku.com
Lihat juga: